Penerapan Teori Behavioristik Dalam Menumbuhkan Gaya Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI
DOI:
https://doi.org/10.56146/edusifa.v9i5.247Kata Kunci:
Teori Behavioristik, Gaya Belajar Siswa, Pendidikan Agama IslamAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan di SD Negeri Teluk Pucung XI. Siswa kurang memiliki empati terhadap sesama teman, masih ada beberapa siswa yang mengejek teman, melanggar kesepakatan kelas, hukuman kurang ditegakkan, kurang fokus, tidak memperhatikan guru pada saat menjelaskan. Untuk itu diperlukan teori belajar yang tepat dan menumbuhkan gaya belajar siswa dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan teori behavioristik, menumbuhkan gaya belajar siswa dan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam teori behavioristik pada pembelajaran PAI di Kelas VI SD Negeri Teluk Pucung XI. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan suatu pendekatan dalam melakukan penelitian yang berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami. Hasil penelitian ini menunjukan Penerapan teori behavioristik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VI SD Negeri Teluk Pucung XI meliputi pembuatan langkah awal tujuan pembelajaran yaitu pembuatan RPP, pemberian stimulus berupa motivasi, latihan dan tugas, lalu penguatan positif (hadiah/reward) serta penguatan negatif (hukuman/sanksi). Hasil gaya belajar siswa di kelas VI meliputi 3 gaya belajar yang dimiliki yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik. Faktor pendukung yaitu guru itu sendiri, tingkah laku siswa serta dukungan orang tua/wali murid. Faktor penghambatnya berupa kemampuan awal siswa yang berbeda serta waktu yang terbatas pada pembelajaran.



