Transformasi Pendidikan Islam: Literasi Digital Sebagai Landasan di Era Modern

المؤلفون

  • Anharul Ulum UIN Malang
  • M Mujab Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Zulfi Mubaraq Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Bima Fandi Asy’arie Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.56146/edusifa.v9i3.158

الكلمات المفتاحية:

pendidikan agama islam، literasi digital، tranformasi

الملخص

Tulisan ini memiliki urgensi karena memberikan wawasan yang berharga dan solusi terkait dengan pendidikan Islam dalam era modern, yang relevan dengan perkembangan zaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan strategi terbaik dalam penerapan pendidikan Islam yang bersifat transformatif.  Metode yang diadopsi adalah studi pustaka, di mana data dikumpulkan dari berbagai sumber akademik termasuk jurnal ilmiah, buku-buku, makalah seminar, dan publikasi lain yang relevan. Untuk analisis data, penelitian ini mengikuti paradigma analisis isi yang terstruktur melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan akhirnya, sintesis kesimpulan.  Adapun temuan peneltian ini berfokus pada integrasi literasi digital ke dalam pendidikan Islam yang transformative pada tiga aspek. Pertama, menyoroti berbagai tantangan dalam implementasinya seperti perlindungan privasi, kontrol konten, dan penyalahgunaan teknologi. Kedua, pendekatan yang disarankan untuk efektif menggabungkan literasi digital dalam pendidikan Islam, termasuk pendekatan perlindungan, media kreatif, partisipasi sosial, analitis kritis, dan bermain dengan media. Ketiga, aksi pengembangan Integrasi yang bertujuan untuk menjaga relevansi dan efektivitas pendidikan Islam di tengah kemajuan teknologi dan perubahan sosial, meningkatkan pengalaman belajar sambil mempertahankan nilai-nilai dan kualitas pendidikan Islam.

التنزيلات

منشور

2024-06-21

كيفية الاقتباس

Anharul Ulum, M Mujab, Mubaraq, Z. ., & Fandi Asy’arie, B. . (2024). Transformasi Pendidikan Islam: Literasi Digital Sebagai Landasan di Era Modern. Edusifa: Jurnal Pendidikan Islam, 9(3), 38–46. https://doi.org/10.56146/edusifa.v9i3.158