Pengaruh Kampanye Digital Tanggal Kembar Shopee Terhadap Brand Preference Marketplace Pada Generasi Z

Indonesia

Authors

  • Anggara Pramana Universitas Negeri Jakarta
  • Mentari Anugrah Imsa Universitas Negeri Jakarta
  • Wina Puspita Sari Universitas Negeri Jakarta
  • Qoryna Noer Seyma El Farabi Universitas Negeri Jakarta
  • Menati Fajar Rizki Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56146/dakwatussifa.v4i2.262

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kampanye digital tanggalkembar Shopee terhadap brand preference marketplace pada Generasi Z. Latarbelakang penelitian ini adalah perubahan perilaku masyarakat dalam transaksijual beli akibat teknologi. Hadirnya marketplace memberikan opsi belanjadengan berbagai kampanye digital menarik. Kampanye ini membuat konsumenmenentukan preferensi merek sesuai pilihannya. Shopee sebagai salah satumarketplace terbesar berhasil menjadi pilihan utama Generasi Z dengankampanye tanggal kembar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif denganpendekatan survei melalui kuesioner bersifat asosiatif kasual. Survei dilakukanpada 591 responden dari Generasi Z pengguna Shopee. Hasil penelitianmenunjukkan adanya pengaruh positif signifikan dari kampanye digital terhadapbrand preference. Semakin tinggi intensitas kampanye, semakin tinggi brand preference. Temuan ini mengindikasikan kampanye digital dapat menjadistrategi efektif dalam marketing public relations untuk meningkatkan brand preference. Praktisi PR perlu membangun dan memanfaatkan kampanye digital secara optimal.

Downloads

Published

2025-07-15

How to Cite

Pramana, A., Imsa, M. A., Sari, W. P., Farabi, Q. N. S. E., & Rizki, M. F. (2025). Pengaruh Kampanye Digital Tanggal Kembar Shopee Terhadap Brand Preference Marketplace Pada Generasi Z: Indonesia. Dakwatussifa: Journal of Da’wah and Communication, 4(2), 53–63. https://doi.org/10.56146/dakwatussifa.v4i2.262

Most read articles by the same author(s)