Relevansi Pengantar Studi Islam dalam Kurikulum Pendidikan Tinggi

Authors

  • Ahmad Sofyan STAI Sirojul Falah Bogor
  • Zenal Abidin STAI Sirojul Falah Bogor
  • Solahudin STAI Sirojul Falah Bogor

DOI:

https://doi.org/10.56146/dakwatussifa.v4i2.258

Keywords:

Studi Islam, Kurikulum, Pendidikan Tinggi, Integrasi Ilmu, Epistemologi Islam

Abstract

Mata kuliah utama yang disebut "Pengantar Studi Islam" memiliki posisi strategis untuk membentuk kerangka pemikiran dan orientasi keilmuan mahasiswa di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).  Tujuan dari Jurnal ini adalah untuk memberikan penjelasan tentang bagaimana Pengantar Studi Islam sangat penting untuk pengembangan program pendidikan tinggi Islam.  Penulis menemukan bagaimana Pengantar Studi Islam membantu mengintegrasikan pendidikan, memperkuat identitas keislaman, dan menangani masalah modern seperti sekularisme, radikalisme, dan globalisasi nilai dengan menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dan kajian pustaka.  Dalam Pengantar Studi Islam sangat penting untuk memperkenalkan epistemologi Islam secara menyeluruh dan menjadi fondasi untuk membangun karakter keilmuan mahasiswa muslim.

Downloads

Published

2025-07-04

How to Cite

Sofyan, A., Zenal Abidin, & Solahudin. (2025). Relevansi Pengantar Studi Islam dalam Kurikulum Pendidikan Tinggi. Dakwatussifa: Journal of Da’wah and Communication, 4(2), 48–52. https://doi.org/10.56146/dakwatussifa.v4i2.258